Selasa, 04 Februari 2020

396: Terjebak di Raudhoh ✓

Terjebak di Raudhoh
(Cerita 396)

Raudhoh letaknya di samping Makam Nabi.

Pagi itu sebelum adzan pertama, saya sudah bisa masuk Raudhoh, 

Masuk dari pintu depan jelas tidak mungkin karena dijaga tentara. Masuk dari samping juga tidak mungkin, karena sudah ditutup. Yang mungkin dari arah belakang, tetapi sudah padat orang berdiri yang antri berusaha masuk.

Saya berdiri di belakang di samping tiang. Yang penting bisa menginjakkan kaki di atas karpet warna hijau, yang menandakan wilayah Raudhoh. 

Raudhoh adalah tempat dikabulkannya do'a-do'a. Posisi di masjid sebelah kiri di dekat pintu keluar.

Zaman Nabi Muhammad, Roudhoh terletak di antara rumah Nabi dan Masjid.

Sambil berdiri kita bisa berdo'a, do'a-do'a untuk diri sendiri, untuk keluarga, atau do'a-do'a titipan.

Jika ada orang yang keluar, saya bisa bergerak maju, sedikit demi sedikit akhirnya bisa berdiri di barisan paling belakang. Yang penting bisa berdiri meskipun belum bisa untuk melaksanakan solat.

Adzan pertama berkumandang, satu jam sebelum adzan Shubuh, saya sudah mendapat tempat di barisan sholat . Sambil berdiri saya bisa baca Al Quran, yang sudah disiapkan, Al Qur'an kecil di kantong baju

Ketika seorang di barisan saya ada yang keluar, saya bisa duduk dan bisa sholat. "Solat sunnah dua rokaat sebelum Shubuh lebih baik dari dunia dan isinya". Berdo'a dengan duduk lebih khusu'.

Adzan Shubuh berkumandang, sebentar lagi Subuh, kita solat sunnah dulu.

Selesai solat subuh, jamaah yang di Raudhoh bubar, tapi lewat sebelah mana. Sebelah kanan sket sudah dibuka, jamaah menyerbu masuk Raudhoh. Dari belakang juga menyerbu masuk Raudhoh.

Satu-satunya jalan lewat pintu depan di samping mihrab, tetapi mendadak berhenti karena ada solat mayat.

Selesai solat mayat pintu depan ditutup, artinya kita tidak bisa ke mana-mana. Ketika saya tanyakan kepada petugas, jawabnya, "Hatta syuruq", artinya menunggu matahari terbit 50 menit lagi.

Petugas kemudian membagikan mushaf Al Qur'an. Saya ikut mengambil mushaf dan membaca Al Qur'an.

Sebenarnya kita sedang diberi kesempatan untuk lebih lama lagi berdo'a di Raudhoh.

Waktu syuruq tiba, beberapa menit kemudian saya menunaikan solat sunnah Isyroq.

Ruang sebelah kanan dan belakang Raudhoh sudah sepi. Saya terus berjalan sesuai arah sket yang dipasang, menuju bawah Qubah Hijau, keluarga sudah menunggu di sana.

1 komentar:

  1. menangkan uang sebanyak-banyaknya hanya di AJOQQ :D
    AJOQQ menyediakan 9 permainan seru :)
    WA;+855969190856

    BalasHapus